21.4 C
Indonesia

4 Tips Siapkan Dana Darurat Selagi Muda Agar Keuangan Selamat

Must read

Aplikasi investasi adalah sarana tepat yang bisa Anda gunakan untuk menyiapkan dana darurat selagi masih muda. Ya, memiliki dana darurat merupakan hal yang penting dan akan berpengaruh terhadap kesejahteraan finansial Anda keseluruhan. Dengan dana darurat maka Anda sudah siap menghadapi apapun risiko yang mungkin terjadi kapan saja. 

Namun sayangnya, untuk mengumpulkan dana darurat ini hal yang mudah dilakukan. Pasalnya ada begitu banyak kebutuhan sehari-hari yang dan itu memerlukan pengeluaran yang tak sedikit. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap harus menyiapkan dana darurat ini sebisa mungkin. Sebagai antisipasi ketika terjadi hal yang tak terduga. 

Lantas bagaimana cara menyiapkan dana darurat ini? Simak ini hingga selesai.

Tips Menyiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Pada awalnya mungkin Anda akan merasa kesulitan menyisihkan dana ini apalagi jika pengeluaran bulanan cukup besar. Akan tetapi Anda harus tetap mencobanya dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Segera memulai meski dengan nilai yang kecil

Jika tak mencoba maka Anda tak akan tau apakah bisa melakukannya atau tidak, benar bukan? Oleh karena itu, agar bisa menyimpan dana darurat Anda harus memaksa diri supaya memulai dengan segera tanpa berdalih. Anda bisa menyisihkan dengan nominal kecil sebagai langkah awal menyimpan dana darurat.

Yang paling penting dalam menyimpan dana darurat ini yaitu Anda melakukannya secara konsisten dan rutin. Bila perlu buat jadwal yang pasti misalnya setiap minggu, setiap bulan atau setiap gajian. 

Simpan dana darurat dalam rekening khusus

Agar tak tertarik untuk menggunakan dana darurat tersebut, Anda bisa menyediakan tabungan atau rekening khusus. Carilah jenis tabungan yang cenderung sulit untuk Anda akses, tanpa ATM dan lain sebagainya. Dengan begitu, dana darurat akan aman sampai tiba waktunya Anda harus menggunakan dana tersebut.

Mengatur pengeluaran

Meskipun sudah mampu menabung untuk dana darurat tanpa kendala, Anda tetap harus bisa mengatur pengeluaran sehari-hari. Jangan sampai, Anda kembali boros mentang-mentang jumlah dana darurat sudah tercapai. Jika memang simpanan dana darurat sudah cukup sebaiknya Anda menabung lagi untuk tujuan lainnya.

Bukankah semakin banyak dan meningkatnya jumlah tabungan maka semakin besar jaminan Anda untuk aman di masa depan?

Menabung dengan cara investasi

Untuk menyiapkan dana darurat bisa juga Anda lakukan dengan investasi. Anda bisa memilih investasi yang cocok dengan profil risiko. Menyiapkan dana darurat dengan investasi kurang lebih sama dengan menabung namun dengan keuntungan yang lebih besar. 

Ketika akan berinvestasi, pastikan Anda memilih jenis dan cara investasi yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan. Akan sangat baik jika Anda menggunakan aplikasi investasi yang sekarang sedang tren. Jika tertarik menggunakan aplikasi tersebut, pastikan Anda memanfaatkan platform yang terbukti aman, berizin dan terpercaya.

4 Tips Siapkan Dana Darurat Selagi Muda Agar Keuangan Selamat

Investasi Melalui Aplikasi digibank by DBS, Solusi Tepat untuk Siapkan Dana Darurat

Dari 4 tips di atas, semuanya merupakan cara untuk siapkan dana darurat untuk menyelamatkan keuangan Anda di masa depan. Akan lebih baik jika Anda berfokus pada tips yang keempat yakni menabung dengan cara investasi. Hal ini tak lain karena investasi bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar. Apalagi jika Anda menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi digital banking yang menyediakan produk investasi ini tak hanya mudah dalam hal akses dan pengoperasiannya. Namun juga memiliki keunggulan lainnya, sebut saja:

  • Unggul dalam proses transaksi

Aplikasi investasi digibank by DBS memiliki keunggulan dalam hal melakukan proses transaksi. Mulai dari penarikan dan transfer yang bebas biaya, top up dan bayar tagihan serta kartu debit bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja. 

  • Kemudahan dalam berinvestasi

Aplikasi digibank by DBS merupakan aplikasi investasi terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi, di antaranya seperti investasi reksadana, obligasi, tabungan dan deposito. Risiko investasi cenderung lebih rendah serta setoran awal yang sangat terjangkau yakni hanya sebesar Rp100.000 saja. 

digibank by DBS juga menawarkan kepada nasabahnya untuk mulai melirik asuransi jiwa. Sebab saat ini digibank telah bekerjasama dengan Manulife Indonesia terkait Asuransi Jiwa MiFirst Life Protector atau MiFLIP. Keuntungannya apabila Anda menggunakan produk ini adalah uang pertanggungan hingga Rp1 M, instan tanpa medical check up, bebas tentukan premi, dan jaminan premi 100% kembali. 

  • Kartu kredit dan pinjaman 

Aplikasi digibank by DBS juga memudahkan dan menawarkan keunggulan yang berkaitan dengan kartu kredit, pinjaman KTA dan cashline. Beberapa jenis kartu kredit yang berbentuk digital tersedia dalam berbagai jenis pada aplikasi ini. Masing-masing kartu memiliki keunggulan dan limit yang berbeda. Proses pengajuan pun berlangsung dalam waktu 24 jam secara online. Untuk approval pun sangat cepat, yakni hanya butuh waktu 60 detik saja. 

Pastinya tips dan keunggulan digibank by DBS di atas telah cukup menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menggunakan aplikasi investasi tersebut dalam hal transaksi, investasi dan melakukan pinjaman online yang minim risiko. Aplikasi ini juga akan membantu Anda lebih disiplin dalam urusan pengelolaan darurat. Jadi, tunggu apalagi? Ayo investasi menggunakan Aplikasi digibank by DBS sekarang! Untuk informasi lebih detail terkait digital banking ini, silakan Anda cek keunggulannya di sini.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article