21.4 C
Indonesia

Bingung Kamera CCTV Tidak Bisa Playback? Ini Cara Mengatasinya

Must read

Kamera CCTV adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk merekam sekitar secara realtime. Penggunaannya pun juga cukup penting untuk lingkungan sekolah, kantor, ataupun masyarakat dalam keamanan yang tanpa henti. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan dalam memiliki CCTV di lingkungan yang harus memiliki keamanan tinggi.

Penggunaan CCTV pun harus bisa memberikan gambar yang jernih dari hasil rekaman. Sehingga, pengecekan bisa dilakukan secara berulang maupun berkala. Terkadang, kamera CCTV memiliki kendala hingga tidak bisa playback. Kejadian ini membuat pemilik harus bisa mengatasinya dengan segera. Perhatikan beberapa cara agar kamera bisa playback.

Cara Mengatasi Kamera CCTV Tidak Bisa Playback

Salah satu kamera pengawas yang memiliki fungsi perihal keamanan mumpuni adalah CCTV IP Camera yang bisa mengamankan ruangan dengan gambar yang ditangkap secara maksimal. Tetapi, ada beberapa kamera yang tidak bisa playback. Padahal, fungsi itu sangat penting jika ada peristiwa penting yang harus dilihat. Ada beberapa cara untuk mengatasi CCTV tidak bisa playback dengan cara yang mudah dipahami pemilik.

  • Cek harddisk

Cek harddisk adalah salah satu langkah yang perlu dilakukan dalam mengamankan CCTV IP camera yang ada di rumah, lingkungan masyarakat, maupun sekolah. Sebab, harddisk adalah bagian yang penting dalam CCTV untuk terus berjalan agar penyimpanan rekaman terus dilakukan.

Pastikan, untuk mengetahui apakah kerusakan besar dari harddisk atau connector. Periksa terlebih dahulu status masing-masing HDD pada tampilan menu DVR (Normal/abnormal). Jika permasalahan karena harddisk bisa menggunakan Menu DVR – Media Penyimpanan (HDD) – Format Hard Disk. Lalu restart kembali CCTV.

  • Ketahui kapasitas

Kapasitas CCTV tidak semuanya sama dan perlu diperhatikan pemilik sebelum membelinya. Sehingga, jika terdapat kendala tidak bisa playback bisa mengecek HDD Management. Tujuannya untuk melihat apakah ada sisa memori dari CCTV yang tersisa.

Sebab, jika memori penuh bisa menyebabkan error dan mengganggu kualitas gambar yang direkam. Itu menjadi salah satu penyebab mengapa CCTV tidak bisa playback. Pastikan juga untuk memilih fitur overwrite disk untuk melakukan penghapusan secara otomatis terhadap rekaman awal.

  • Cek kabel konektor

Kabel konektor yang putus bisa menjadi salah satu penyebab dari kamera CCTV tidak bisa melakukan playback. Sehingga, hasil dari rekaman tidak bisa di cek pemilik di monitor. Kabel konektor yang bermasalah bisa terjadi karena kualitasnya yang kurang bagus atau pernah putus.

Maka, pastikan untuk mengecek kabel konektor agar bisa mencegah kerusakan dari kabel. Sebab, jika kabel putus bisa terjadi karena kecelakaan tertentu dan CCTV tidak bisa menyetel ulang kembali video yang sudah dibuat.

  • Cek adaptor

Adaptor atau power supply yang mati juga bisa menjadi penyebab bahwa kamera bermasalah, hingga tidak bisa melakukan playback. Pengertian adaptor sendiri adalah sumber listrik untuk ke kamera. Sehingga, jika adaptor mati, otomatis kamera ikut mati dan keamanan maupun penangkapan gambar semakin berkurang.

  • Kamera alami kerusakan

Kamera yang mengalami kerusakan juga bisa dicek dengan seksama karena bisa jadi ada error yang perlu diatasi. Jika error tidak dapat diatasi, maka tangkapan gambar tidak bisa disimpan di DVR.

  • Cek playback kembali

Setelah melakukan pengecekan dari semua komponen yang dimiliki CCTV IP camera atau yang lainnya, pemilik bisa mencoba kembali playback dari rekaman yang sudah dilakukan. Jika playback bisa, berarti semua komponen termasuk harddisk dan memori sudah mencukupi kembali dalam menangkap gambar.

Itulah 6 cara untuk mengatasi kamera CCTV tidak bisa playback. Penggunaan CCTV memang sangat penting untuk banyak sektor perkantoran, sekolah, maupun perbelanjaan. Maka, gunakan CCTV dengan kualitas terbaik dalam menangkap gambar di saat minim cahaya sekalipun, yaitu dengan menggunakan Hikvision ColorVu untuk pengalaman yang lebih baik.

Hikvision ColorVu Keunggulan Menangkap Gambar Terbaik

Memilih kamera CCTV untuk keamanan harus yang terbaik dalam menangkap gambar pada situasi apapun. Gunakan CCTV Hikvision ColorVu yang memberikan pengalaman terbaik dengan keunggulan untuk hasil gambar yang diberikan.

  • Warna gambar yang terekam sangat jelas

Pentingnya penangkapan gambar yang jelas bahkan saat di playback perlu dimiliki oleh CCTV. Hikvision ColorVu kelebihannya pada kamera CCTV panorama yang memiliki teknologi algoritma terbaik.

Keunggulan tersebut bisa menyatukan bidang pandang horizontal dengan panorama yang mulus. Keunggulan tersebut juga memberikan rekaman yang lebih luas sehingga mengurangi jumlah kamera yang diperlukan dan membuat efisiensi pada biaya.

Saat kamera diperbesar atau diperkecil tidak akan mengganggu kecerahan gambar. Selain itu, fokus tidak akan terganggu dalam menangkap objek yang ada didepannya.

  • Resolusi tinggi sampai 4K

Resolusi tinggi sampai 4K membuat kamera Hikvision ColorVu bisa menangkap gambar dengan jelas walau keadaan cahaya sedang minim. Bahkan pada penerangan rendah 0,0005 lux kamera ini tetap mampu memberikan hasil yang terbaik dan jelas.

Penggunaan F1.0 Super Aperture yang digunakan sebagai teknologi untuk menangkap cahaya dari sekitar sebanyak mungkin dan 1/1.2” Large Sensor yang menggunakan cahaya secara maksimal dari tempat untuk memberikan hasil gambar terbaik.

  • Teknologi ColorVu

Hikvision ColorVu juga memiliki alarm audio dengan berbagai bahasa untuk pemantauan skenario dalam keamanan. Memiliki fokus untuk target manusia dan kendaraan sehingga rekaman akan lebih baik dan jelas.

Gunakan kamera CCTV terbaik Hikvision ColorVu untuk rekaman yang berkualitas agar playback bisa dilihat tanpa ada buram dan kabur pada objek yang bergerak untuk keamanan maksimal. Sehingga pengamatan yang dilakukan setiap saat akan terus meningkat walaupun dalam keadaan minim cahaya sekitar.

 

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article