21.8 C
Indonesia

Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang

Must read

Salah satu permasalahan yang seringkali dicari solusinya yaitu terkait cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Hal tersebut terjadi karena bau mulut merupakan suatu hal yang memalukan dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Salah satu penyebab timbulnya bau mulut yaitu akibat gigi yang berlubang. Sedangkan gigi berlubang sendiri bisa saja terjadi pada anak kecil maupun orang dewasa. Tidak hanya itu, gigi berlubang biasanya disebabkan oleh pola hidup dan kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara menghilangkan bau mulut.

Bahkan menurut pakar gigi, gigi berlubang terjadi karena adanya penumpukan bakteri dalam mulut. Selain itu, gigi berlubang juga seringkali terjadi karena seringkali mengkonsumsi makanan yang manis dan kurang menjaga kebersihan mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Bau mulut atau yang seringkali disebut dengan halitosis dapat Anda atasi dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya dengan beberapa bahan alami.

1. Daun Sirih

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau mulu yaitu dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang seringkali dipakai oleh nenek moyang. Selain dapat menghilangkan bau mulut, daun sirih juga dipercaya dapat menguatkan gigi.

Manfaat dari daun sirih untuk menghilangkan bau mulut diperoleh dari senyawa anti bakteri yang terkandung didalamnya. Sehingga Anda bisa mencegah terjadinya bau mulut atau halitosis dengan menggunakan daun sirih.

2. Siwak

Bahan alami yang selanjutnya dapat menghilangkan bau mulut yaitu siwak. Siwak sendiri merupakan bahan alami yang berasal dari akar, ranting atau bahkan batang tanaman Salvadora Persica.

Tidak hanya itu, selama beribu-ribu tahun siwak digunakan oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia sebagai metode tradisional untuk membersihkan gigi. Bahkan, penggunaan siwak banyak direkomendasikan karena termasuk dalam hukum sunah dalam agama Islam.

3. Air Garam

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan yaitu air garam. Cara menghilangkan bau mulut dengan garam sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Langkah-langkah yang perlu diterapkan juga sangat mudah. Anda hanya perlu berkumur-kumur beberapa saat dengan menggunakan air garam.

Air garam tersebut bisa diperoleh dengan cara merebus air kurang lebih satu gelas dan mencampurnya dengan ½ sendok teh garam. Lama waktu berkumur-kumur kurang lebih 30 detik. Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan menggosok gigi dan mengulanginya secara rutin setiap hari.

4. Lemon

Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut yaitu buah lemon. Lemon memiliki kandungan berupa asam askorbat. Sedangkan asam askorbat dipercaya dapat menghilangkan bau mulut karena memiliki sifat antibakteri. Sehingga dipercaya mampu membasmi mikroba yang dapat menimbulkan bau mulut.

5. Kayu Manis

Kayu manis merupakan bahan alami yang digunakan sebagai rempah dalam masakan. Tapi tahukah Anda jika kayu manis bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang cukup ampuh?

Kayu manis atau Licorice merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan senyawa antibakteri. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengolah kayu manis sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau mulut juga sangat mudah. Cukup larutkan satu sendok makan bubuk kayu manis ke dalam segelas air hangat.

Setelah itu, kumur-kumur menggunakan air tersebut kurang lebih selama 30 detik dan keluarkan. Lakukan hal tersebut secara rutin dan lanjutkan dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi.

6. Cengkeh

Selain kayu manis, cengkeh juga merupakan salah satu rempah masakan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Hal tersebut terjadi karena kandungan senyawa dalam cengkeh dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Langkah yang perlu Anda lakukan juga sangat mudah, cukup hisap atau kunyah beberapa siung cengkeh dalam jangka waktu tertentu. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap hari agar bau mulut karena gigi berlubang bisa teratasi dengan baik.

7. Adas

Bahan alami terakhir yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi gigi bau busuk yaitu dengan menggunakan adas. Kandungan senyawa adas berupa antibakteri juga dapat melawan mikroba yang menyebabkan bau mulut.

Langkah yang bisa Anda lakukan yaitu cukup dengan membuat teh adas ataupun mengunyahnya secara langsung. Sehingga air liur yang dihasilkan setelah mengonsumsi adas dapat menghasilkan senyawa antibakteri dalam mulut.

7 bahan alami di atas merupakan alternatif cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Selain itu, Anda juga bisa mengatasi mulut bau dengan menemui dokter gigi terdekat selama 6 bulan sekali.

Perawatan yang dilakukan di dokter gigi akan membantu Anda untuk mengetahui penyebab dari timbulnya bau mulut dan cara untuk mengatasinya. Demikian beberapa bahan alami dan cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, semoga bermanfaat.

 

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article