21.4 C
Indonesia

Volatilitas Pada Mata Uang Kripto, Apakah Buruk?

Must read

Kripto dan kripto lagi, pembahasan mengenai investasi kripto memang tidak ada habisnya. Pesona kripto yang telah membius banyak investornya, kini telah menarik perhatian dari banyak masyarakat awam.

Bagaimana tidak? Dengan hebohnya pergerakan pasar kripto dan testimoni penggiatnya, kripto menawarkan keuntungan yang besar bagi pemilik asetnya dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Pertumbuhan pengguna kripto di Indonesia sudah mencapai 85 % dalam setahun ini. Dengan jumlah pengguna sebanyak 7,4 juta orang, pengguna kripto di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan di tahun 2020, yakni 4 juta pengguna.

Dan nilai transaksi yang didapatkan dari para pengguna tersebut memiliki nilai yang fantastis, yakni Rp. 478,5 Triliun, seperti yang telah disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam sebuah Webinar yang diadakan pada Selasa, 24 Agustus 2021.

Dengan momentum seperti ini, sekarang saatnya anda masuk untuk ikut dalam investasi kripto. Investasi kripto memiliki aspek penting yang bernama Volatilitas yang mempengaruhi harganya. Apa itu Volatilitas? Dan langkan apa yang harus diambil untuk mengantisipasi itu? Simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Volatilitas?

Volatilitas Pada Mata Uang Kripto

Volatilitas, dalam bidang keuangan, adalah ukuran statistika yang menggambarkan penyebaran pembagian keuntungan pada sebuah sekuritas atau pasar index. Volatilitas juga berfungsi sebagai penyaji informasi mengenai ketidakpastian atau resiko yang berhubungan dengan jangkauan perubahan harga yang terjadi pada nilai dari suatu sekuritas.

Dalam investasi, sebuah aset pasti mengalami yang namanya naik atau turun harga karena banyak faktor terkait. Jauhnya kenaikan dan penurunan harga dari harga normal dalam kurun waktu tertentu inilah yang disebut dengan volatilitas harga suatu aset investasi.

Cara Mengukur Volatilitas

Volatilitas diukur dengan menghitung standar deviasi dari keuntungan pertahun yang didapatkan selama jangka waktu tertentu. Sebuah volatilitas menunjukkan jangkauan dari harga sebuah sekuritas atau aset yang mungkin naik atau turun.

Singkatnya, Volatilitas adalah resiko yang dimiliki oleh sebuah aset investasi dan sekuritas.

Antara Volatilitas dan Aset Kripto

Sebagai sebuah aset yang tidak lebih dari satu dekade, kripto telah mengalami beberapa lonjakan kenaikan tinggi dan penurunan setelahnya dan dianggap lebih masuk ke volatilitas kategori daripada ke stok investasi.

Dengan memperhatikan hal itu, volume trading yang lebih tinggi pada Bitcoin, mata uang kripto yang memiliki marketcap terbesar, dan penambahan partisipasi dari institusi sepertinya mampu mengurangi volatilitasnya seiring dengan berjalannya waktu. Hingga hari ini, Sabtu, 20 November 2021, posisi Bitcoin marketplace berada pada peringkat satu dengan marketcap senilai lebih dari $1 Triliun.

Sedangkan untuk mata uang kripto dengan volume trading yang lebih rendah atau aset kripto yang masih tergolong baru seperti Token DeFi, cenderung memiliki volatilitas lebih tinggi.

Dengan mempertimbangkan hal diatas, maka ketika bereksperimen dengan aset sebagai seorang pemula, lebih baik anda menginvestasikan sejumlah uang yang menurut anda tidak apa – apa jika uang tersebut hilang atau yang biasa disebut dengan uang dingin.

Berinvestasi di Kripto

Setelah membaca ulasan diatas, sekarang anda sudah cukup mengerti apa itu Volatilitas dan pengaruhnya dalam investasi. Dengan mempelajari dan mengetahui volatilitas sebuah aset, anda akan bisa membuat strategi investasi yang cocok dengan anda dengan memperhatikan dana yang anda miliki.

Banyak aset kripto yang bisa anda beli sebagai investasi, tiap – tiapnya dengan keunggulan dan kekurangan masing – masing. Kesadaran anda akan resiko yang dimiliki aset investasi adalah hal yang penting jika anda ingin terjun ke dunia investasi.

Anda bisa mulai dari memantau aset yang populer seperti Bitcoin, Ethereum, atau Dogecoin yang nilai tukar Doge ke Rupiah nya berkisar pada Rp. 3353, naik 6,92 % semenjak dibuka pada 20 November 2021 pagi ini.

Jadi, tertarik terjun ke investasi kripto? Segera buat akun Bitcoin anda di Pintu. Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article