29.4 C
Indonesia

Tips Menghindari Hutang untuk Generasi Sandwich

Must read

Salah satu generasi yang hidupnya terhimpit dengan urusan finansial adalah generasi sandwich. Ini karena mereka menanggung beban harus membiayai orang tua, anak dan dirinya sekaligus. Namun beban akan bisa berkurang jika mereka memiliki setidaknya satu instrumen investasi saja, misalnya investasi obligasi.

Gelar generasi sandwich ibarat sebuah rantai yang sebenarnya bisa diputus, tentunya dengan menggunakan berbagai cara. Ini juga sekaligus akan menjadikan para generasi sandwich memiliki finansial yang sehat dan terbebas dari hutang. Lalu, bagaimanakah caranya? Silakan Anda simak ulasan berikut hingga selesai.

Tips Menghindari Hutang di Usia Generasi Sandwich

Betapa banyak orang yang memiliki hutang dan menanggung beban hingga ke anak cucu. Kondisi ini tentu yang menyenangkan sama sekali. hutang pada awalnya memang menyenangkan apalagi ketika awal menerima uang. Namun setelahnya yang ada hanyalah beban. Setiap bulan harus membayar hutang sehingga uang gaji tak cukup untuk ditabung.

Khusus untuk generasi sandwich, hutang bukan solusi. Akan tetapi merupakan beban yang harus ditanggung. Sehingga otomatis menambah beban di pundak. Selain beban bertambah bukan tak mungkin Anda bisa mengalami stress. Untuk menghindari hal tersebut, coba praktekkan beberapa tips berikut ini. 

  • Menyusun budget harian

Anda pastinya sudah tahu, kalau hutang yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah hutang konsumtif atau kebutuhan harian. Penyebab hutang ini biasanya karena perilaku yang terlalu boros dan konsumtif. Sehingga penghasilan Anda seperti tak mencukupi. Bahkan sebelum tiba gajian uang sudah ludes tak bersisa. 

Oleh karenanya Anda perlu menyusun budget harian. Supaya tahu apa dan kemana saja uang tersebut Anda keluarkan. Selain itu utamakan kebutuhan dan jangan terlalu menuruti keinginan.

  • Rutin menabung

Sebagai generasi sandwich, Anda seharusnya lebih banyak menabung. Alih-alih berhutang yang malah akan membuat beban Anda tambah berat. Maka dari itu, sisihkan beberapa persen dari gaji Anda agar bisa langsung masuk ke tabungan. Ingatlah prinsip menabung yang tepat yaitu menyisihkan uang untuk tabungan tepat ketika Anda menerima gaji. 

Anda juga bisa memilih menabung dengan cara yang lain, yaitu investasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya salah investasi obligasi.

  • Menyediakan dana darurat

Dana darurat merupakan dana yang harus Anda siapkan. Pasalnya dana ini berfungsi sebagai back up yang bisa Anda gunakan dalam keadaan mendesak. Supaya dana ini tak terpakai, Anda harus meletakkannya pada tempat khusus dan tak boleh bergabung dengan tabungan. Untuk nominal besarnya dana darurat, bisa Anda siapkan sebanyak 6 hingga 12 kali dari pengeluaran. 

  • Hidup hemat

Memikul beban sebagai generasi sandwich bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tanggungan yang harus Anda pikirkan. Namun bukan berarti Anda tak bisa hidup hemat. Sebisa mungkin cobalah berhemat supaya Anda bisa menghindari hutang yang timbul karena perilaku boros. 

Akan lebih baik lagi jika Anda membuat perencanaan keuangan sehingga pengeluaran lebih tertata dan tercatat.

  • Jauhi kartu kredit

Menggunakan kartu sama saja Anda menumpuk hutang. Meskipun sebenarnya kartu kredit ini merupakan alat pembayaran yang dapat memudahkan Anda ketika berbelanja. Sayangnya alat ini tak aman sama sekali. Bisa-bisa Anda kebablasan dan malah menambah hutang jadi bertumpuk. 

Jika masih mampu membayar dengan tunai maka sebaiknya lakukan dengan tunai atau menggunakan dompet digital saja. 

Tips Menghindari Hutang untuk Generasi Sandwich

  • Menambah penghasilan dengan berinvestasi

Salah satu cara yang juga bisa menghindarkan Anda dari hutang adalah berinvestasi. Investasi ini mirip dengan menabung di bank. Bedanya Anda tak menarik uang yang Anda investasikan kecuali sudah jatuh tempo. 

Jika ingin berinvestasi jangka panjang dengan tujuan untuk tabungan masa depan, Anda bisa memilih investasi surat utang. Surat hutang atau investasi obligasi adalah instrumen investasi yang dikeluarkan pemerintah atau perusahaan yang dijual kepada masyarakat dengan harga tertentu. Instrumen ini berpotensi untuk memberikan keuntungan layaknya investasi lainnya. 

  • Komitmen terhadap diri sendiri

Agar dapat menghindari hutang, Anda harus memiliki komitmen pada diri sendiri. komitmen ibarat janji yang harus Anda tepati. Oleh karena itu berjanjilah pada diri Anda sendiri untuk tidak mendekati hutang serta berusaha untuk hidup hemat. 

Buat motivasi pada diri Anda, bahwa tindakan tidak berhutang serta hidup hemat bukan karena untuk menyiksa diri sendiri. Akan tetapi untuk kebaikan dan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Investasi Obligasi, Cara Terbaik Menghindari Hutang 

Ada banyak cara untuk menghindari hutang seperti yang telah di sebutkan di atas, semua cara tersebut patut untuk Anda lakukan. Utamanya pada poin menabung dan investasi. Untuk poin investasi, Anda bisa memulainya cara yang mudah dan praktis. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan layanan Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS merupakan aplikasi mobile banking yang menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan terlengkap sehingga sangat memudahkan para penggunanya. Selain memudahkan, Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan sederet keunggulan, antara lain:

  • Menyediakan produk investasi obligasi mulai harga Rp1 juta atau $1000 USD
  • Instrumen investasi lengkap dan tersedia pada pasar perdana serta sekunder
  • Seluruh transaksi menggunakan satu aplikasi yaitu Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS tak hanya menawarkan kemudahan dan keunggulan pada investasi obligasi saja. Bagi Anda yang baru saja memanfaatkan aplikasi ini tentunya ingin lebih mengetahui apa saja produk investasi yang tersedia, benar bukan?

Oleh karena itu, Anda tak perlu merasa sungkan untuk mencari semua informasi yang berkaitan dengan aplikasi serta investasi. Bagi Anda yang telah mengetahui investasi obligasi adalah sebuah surat hutang yang dapat mendatangkan keuntungan, Anda harus bergerak cepat. Segeralah memulai investasi obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS. 

Jadi jangan tunda lagi, ayo manfaatkan Aplikasi digibank by DBS untuk investasi obligasi. Jika ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi ini serta keunggulan lainnya, silakan langsung cek di sini

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article