20.4 C
Indonesia

Tips Membuat Home Gym, Tetap Sehat Meski di Dalam Rumah

Must read

Setelah mengalami pandemi Covid-19, masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Sejak beberapa waktu belakangan, pergi ke gym atau tempat fitness tengah menjadi tren. Namun jika dirasa terlalu repot untuk bolak-balik ke gym, Anda bisa membuat home gym sendiri di rumah. 

Dengan memiliki home gym sendiri di rumah, Anda tidak perlu repot pergi ke gym dan tidak lagi mengeluarkan uang untuk menjadi member gym. Anda bisa menghadirkan berbagai macam alat olahraga di home gym seperti yang tersedia di tempat gym umumnya. Adanya tempat olahraga pribadi di rumah cocok bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat meluangkan waktu buat pergi ke gym

Namun keinginan untuk membuat home gym sendiri di rumah seringkali terkendala karena masalah biaya. Membuat home gym memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi tenang, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA. 

Dengan pinjaman KTA, Anda bisa mendapatkan tambahan modal untuk home gym impian Anda. Namun sebelum merealisasikan keinginan memiliki tempat olahraga pribadi, Anda perlu tahu tips membuat home gym di rumah sendiri dan peralatan yang perlu disediakan. 

Tips Membuat Home Gym di Rumah

Banyak orang memimpikan bisa punya home gym di rumah sendiri. Namun sebagian orang masih bingung bagaimana langkah-langkah membangun home gym pribadi. Membangun home gym tidak hanya persiapan uang, namun juga harus merancang konsep dan desain tempatnya. 

Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin membuat home gym pribadi di rumah:

1. Menentukan Luas Ruang Home Gym

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat akan membangun home gym adalah menentukan luas ruangannya. Pilih salah satu ruangan di rumah yang ingin dialihfungsikan sebagai tempat olahraga. Jika semua ruangan di rumah terpakai, Anda bisa membangun ruang baru apabila masih ada lahan yang bisa digunakan. 

Hitunglah luas home gym sesuai dengan ketersediaan ruang atau lahan. Anda perlu menghitung space yang akan digunakan mulai dari panjang, lebar dan tingginya. Bagi Anda yang membangun ruang baru untuk home gym, perhitungan luas ini bisa membantu Anda dalam menyusun anggaran pembangunan. Selain itu, luas ruangan juga dibutuhkan untuk membandingkan dengan alat olahraga yang akan dibeli. 

2. Menyusun Anggaran

Setelah menghitung luas ruangan, selanjutnya Anda harus menyusun budget atau anggaran pembangunan home gym. Setiap orang tentunya memiliki budget berbeda-beda sesuai kondisi keuangannya. Apabila dana Anda dirasa masih terbatas, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA untuk mendapat tambahan modal. Dengan dana yang memadai, Anda bisa membuat home gym yang sesuai keinginan. 

Pastikan Anda membeli alat olahraga yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Sebenarnya alat gym yang harus ada tidak perlu yang berharga mahal. Mending membeli alat gym dengan harga lebih terjangkau, namun bisa memilih berbagai macam alat. Jika ingin mendapatkan alat olahraga lebih murah, sebaiknya Anda membeli dalam tawaran paket alat gym

3. Menentukan Alat yang Akan Dibeli

Saat menyusun anggaran, Anda juga harus menentukan alat gym yang akan dibeli. Memilih alat olahraga untuk home gym harus dilakukan dengan cermat. Jangan hanya tergiur mendatangkan banyak alat gym, namun fungsinya tidak maksimal dan justru membuat ruangan jadi sesak.

Belilah alat olahraga yang sesuai kebutuhan Anda dan masing-masing alat memiliki fungsi yang berbeda. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membeli alat gym yang dapat melatih seluruh otot di tubuh. Misalnya membeli dumbell, barbell, bench, power rack, plate dan lainnya. Namun jika Anda mempunyai dana lebih maka bisa meminang alat lebih canggih dan berkualitas. 

4. Memilih Flooring 

Untuk membuat home gym terasa nyaman, Anda harus memperhatikan bagian flooring. Alas ruang gym sangat berpengaruh dalam menunjang semangat Anda berolahraga hingga keamanan. 

Sebaiknya jangan menggunakan keramik sebagai alas ruang gym. Lantai keramik rentan rusak apabila terbentuk alat olahraga di home gym Anda. Anda bisa memilih rubber flooring sebagai alas home gym. Material ini membuat lantai lebih aman dan teksturnya juga nyaman dipijak saat berolahraga. 

Peralatan yang Diperlukan untuk Membuat Home Gym

Tips Membuat Home Gym

Terdapat berbagai jenis alat olahraga dengan fungsi yang berbeda-beda. Saking banyaknya jenis alat gym tentunya membuat Anda bingung ingin memilih yang mana. Pastikan Anda membeli alat gym yang sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. 

Berikut ini rekomendasi alat olahraga untuk mengisi home gym pribadi Anda:

1. Peralatan Dasar 

Di setiap tempat gym selalu ada peralatan dasar yang digunakan untuk olahraga-olahraga ringan. Peralatan ini disediakan bagi orang yang baru mulai berolahraga atau olahragawan pemula. Harga alat ini juga cenderung lebih murah.

Berikut ini sejumlah peralatan dasar untuk aktivitas olahraga ringan: skipping rope, bola stabilitas, bench, resistance band, matras yoga, ab wheel roller, core slider dan lainnya. 

2. Peralatan Latihan Beban

Jenis peralatan yang juga wajib ada di gym adalah alat untuk latihan beban. Alat ini digunakan untuk olahraga yang menggunakan kekuatan otot. Dengan alat ini, Anda bisa meningkatkan massa di seluruh bagian tubuh, mulai dari lengan, punggung, bahu dan lainnya. 

Berikut ini beberapa peralatan latihan beban yang bisa Anda pilih untuk mengisi home gym: dumbbell, kettlebell, barbell, suspension trainer, sandbags, weight vest dan lainnya. 

3. Peralatan Latihan Kardio

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau melangsingkan tubuh, maka harus membeli peralatan latihan kardio. Alat ini digunakan untuk aktivitas fisik yang membakar kalori dan meningkatkan daya tahan jantung. 

Berikut ini sejumlah peralatan latihan kardio yang perlu Anda sediakan di home gym: treadmill, sepeda statis, rower, vertical climber dan lainnya. 

Bagaimana, sudah menentukan alat apa saja yang harus Anda beli untuk menunjang kegiatan olahraga di rumah? Ingat, pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pertimbangkan luas ruangan home gym saat membeli alat agar Anda bisa berolahraga dengan lebih leluasa dan nyaman. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Membuat Home Gym

Setelah membaca tips di atas pastinya Anda sudah punya gambaran untuk membuat home gym di rumah sendiri. Membuat tempat gym pribadi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Namun Anda tidak perlu memusingkan besaran dana yang diperlukan. Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan (KTA) untuk mendapat tambahan modal membangun home gym. Dengan pinjaman bank tanpa jaminan ini bisa mempermudah Anda untuk mewujudkan home gym dengan mudah.

Salah satu pinjaman bank tanpa jaminan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan untuk membuat home gym sesuai keinginan Anda dan keluarga. Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa cek di sini agar lebih detail.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article