28.4 C
Indonesia

5 Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter yang Harus Diketahui

Must read

Tujuan pendidikan bukan hanya membentuk anak menjadi generasi cerdas tetapi juga membentuk karakter lebih baik, salah satu caranya dengan pendidikan karakter. Generasi muda Indonesia harus memiliki karakter Pancasila yang artinya nilai-nilai dalam Pancasila tersebut dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

5 Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter

PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter menciptakan generasi yang cerdas, jujur disiplin, dan pantang menyerah. Sekolah, guru dan orang tua memiliki peran penting untuk menumbuhkan karakter anak sejak dini. Berikut ini merupakan 5 alasan pentingnya pendidikan karakter, di antaranya yaitu

1. Menjamin pembentukan kepribadian yang baik

Pada umumnya Manusia adalah makhluk yang berpengaruh pada kebiasaan, apabila anda memberikan pendidikan karakter kepada ada anak dengan baik. Maka anda akan membentuk kepribadian anak yang baik, Misalnya jika anda membentuk karakter seorang anak dengan rajin menabung sejak dini, menghargai waktu sejak dini, melatih cara berucap yang sopan dan memiliki akhlak yang baik. Hal ini akan membentuk kepribadian seorang anak menjadi pribadi yang baik.

2. Dapat mendongkrak prestasi akademik

Bagi beberapa orang mungkin pendidikan karakter tidak ada hubungannya dengan prestasi akademik seseorang. Akan tetapi kepribadian seseorang dapat membuat seseorang itu menjadi lebih berprestasi, jika memiliki kepribadian yang baik. Hal ini berdasarkan pada karakter seseorang yang dapat mendongkrak prestasi akademik.

Jadi, guru dan orangtua bukan hanya fokus mendidik anak untuk mengerjakan soal-soal dan tugas-tugas, tetapi juga memasukkan motivasi dan pendidikan karakter pada anak. Anak yang termotivasi belajar, mereka akan fokus belajar untuk menambah wawasan bukan sekedar meningkatkan nilai.

3. Investasi terbaik untuk masa depan

Seseorang dengan pendidikan karakter yang baik, akan mudah diterima oleh lingkungan sekitar. Selain itu karakter yang baik akan membantu seseorang, menjadi seseorang yang dapat diandalkan di masa depan.

Jika anak memiliki karakter yang baik, mereka akan mudah beradaptasi di lingkungan masyarakat dan mengetahui aturan atau norma-norma yang berlaku. Anak juga disegani atau dihormati dengan masyarakat karena perilakunya yang baik. Manfaat pendidikan karakter untuk masa depan anak ini perlu diperhatikan agar semakin banyak generasi Indonesia yang berkarakter, jujur, amanah.

4. Melatih mental dan moral

Pendidikan karakter sangat penting untuk pembentukan mental dan moral seseorang. Dengan karakter yang baik maka seseorang akan bijak dalam menyelesaikan sebuah masalah. Pasalnya anak perlu diajarkan pertimbangan dalam membuat keputusan agar berhati-hati dalam mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Maka dari itu itu sangatlah penting untuk anda menerapkan pendidikan karakter yang baik.

5. Mampu membedakan antara kebenaran dan kesalahan

Tak sedikit orang cerdas yang tidak memiliki karakter yang baik sehingga mereka merasa arogan dan tidak bisa membedakan antara kebenaran dan kesalahan. Mereka berpikir bahwa apapun yang mereka katakan atau lakukan adalah kebenaran sehingga sulit untuk menerima nasihat atau saran dari orang lain. Pendidikan karakter di sekolah perlu diterapkan agar anak menjadi generasi yang mampu membedakan kebenaran dan kesalahan serta tidak merasa arogan atas pengetahuan yang mereka miliki.

Dengan pendidikan karakter yang baik maka akan membuat seseorang yang mampu dalam menghadapi masalah dengan baik. Selain itu Pendidikan karakter yang baik juga dapat membuat seseorang itu mengerti akan benar dan salah. Membuat seseorang tidak mudah tergesa-gesa dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Itulah beberapa hal mengenai Pendidikan karakter yang bisa anda ketahui. Dengan pendidikan karakter, maka generasi Indonesia bukan hanya generasi cerdas tapi juga berperilaku baik. COLUMBIA.CO.ID

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article