22.4 C
Indonesia

Waspada! Inilah 5 Kesalahan Fatal Saat Investasi yang Wajib Kamu Dihindari!

Must read

Kesalahan Fatal Saat Investasi yang Wajib Kamu Dihindari – Investasi adalah suatu tindakan menanamkan modal kepada suatu perusahaan atau suatu aset dengan tujuan adanya pertambahan nilai atau mendapatkan imbal hasil yang lebih besar dikemudian hari. Saat ini, banyak sekali instrumen investasi yang dapat Anda temui. Seperti instrumen investasi reksadana, emas, properti, tabungan berjangka/deposito, ataupun investasi saham. Dengan beragamnya instrumen investasi, tentu sebagai investor harus menyesuaikan dengan tujuan investasi itu sendiri.

Dalam prakteknya, selain untuk menambahkan nilai aset, banyak investor berinvestasi bertujuan untuk digunakan sebagai melindungi aset dan kekayaan. Selain itu investasi juga digunakan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Namun, dalam melakukan investasi ada beberapa hal yang bisa menjadi kesalahan fatal saat investasi, sehingga kamu wajib untuk menghindarinya.

Apa Saja Kesalahan Fatal Saat Investasi?

Ada beberapa kesalahan umum yang fatal saat melakukan investasi, sehingga kamu harus memperhatikannya dengan baik agar tidak ada kesalahan untuk kedepannya. Untuk itu, 5 kesalahan yang harus kamu hindari adalah sebagai berikut.

Tujuan Investasi Tidak Jelas

Kesalahan yang sering ditemui saat memulai investasi adalah tidak adanya tujuan investasi dengan jelas. Banyak sekali investor yang baru terjun dalam dunia investasi karena pengaruh lingkungan atau ikut-ikutan tren yang sedang populer.

Menentukan tujuan investasi wajib diperhatikan sebelum Anda memulai investasi. Anda harus mengetahui berapa uang yang akan dialokasikan untuk investasi, berapa lama waktu berinvestasi, hingga tujuan dari investasi tersebut.

Tidak Melakuan Diversifikasi

Kesalahan yang sering ditemui saat investasi adalah tidak melakukan diversifikasi. Diversifikasi adalah proses menyebar dana investasi ke berbagai tempat investasi yang berbeda.

Saat memulai investasi, pastikan untuk tidak menempatkan seluruh dana hanya pada satu instrumen investasi saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian secara bersamaan, apabila sewaktu-waktu terdapat instrumen investasi Anda yang mengalami penurunan.

Tidak Realistis Pada Risiko

Bukan rahasia umum lagi bahwa risiko investasi berbanding lurus dengan pertumbuhan hasil investasi. Semakin banyak modal yang Anda keluarkan untuk investasi maka semakin besar juga risiko dari investasi tersebut.

Saat ini masih banyak orang yang tergiur akan modal kecil dengan hasil yang besar serta risiko investasi yang tidak wajar. Jadi pastikan untuk menyeimbangkan keuntungan dan risiko saat berinvestasi.

Tidak Melakukan Analisis dengan Jelas

Salah satu kunci sukses investasi adalah memahami dan mengenali instrumen investasi Anda. Sebelum memulai investasi pastikan untuk melakukan riset terhadap jenis investasi yang Anda minati dan ketahui segala risiko yang berkaitan dengannya.

Terlalu Cepat Dan Ragu-Ragu Mengambil Keputusan

Sebagai investor pemula, sering kali mengambil keputusan yang tidak tepat karena mengambil keputusan yang terburu-terburu. Hal ini menjadi sebuah kesalahan fatal saat investasi yang wajib dihindari. Jadi saat berinvestasi pastikan Anda untuk menganalisa dengan baik agar keputusan yang diambil juga tepat.

Selain terlalu cepat, banyak juga investor yang ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Dengan keraguan tersebut akan berdampak pada kehilangannya kesempatan yang baik. Maka, pastikan sebelum memulai investasi untuk memahami dengan betul seluk beluk dari instrumen investasi yang Anda pilih.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article